Powered by Blogger.
RSS

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN INTERNET

Tanpa basa basi.... ini dia keuntungan dan kerugian internet...
Lets gooo!

Keuntungan Internet secara Umum
Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi. Kegunaan Internet Internet mempunyai banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain :
Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll
Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan brosur.
Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www, video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
Sebagai alat untuk research dan development.
Pertukaran data





Keuntungan Internet sebagai Media Komunikasi

Sebagai media untuk berinteraksi
Sebagai media penyalur informasi dengan mudah dan cepat
Dapat diakses 24 jam
Keuntungan Internet di Bidang Pendidikan



1. Mempermudah Pencarian Referensi
Internet mempermudah pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci pada mesin pencari (search engine) maka akan tersedia daftar tulisan yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari tersebut.


2. Menyediakan Fasilitas Multimedia
Sebagai penyedia informasi, internet memiliki banyak kelebihan daripada buku. Orang dapat membaca, mendengarkan, menonton video, bahkan menonton TV melalui internet.

3. Menyediakan Sumber Informasi yang Relatif Murah
Seringkali orang membutuhkan informasi sesaat, dimana jika ia harus membeli buku maka harganya akan sangat mahal. Dengan internet orang dapat memperoleh informasi tanpa harus membeli buku atau majalah.

4. Menyediakan Sumber Pelajaran Tambahan
Melalui internet, orang dapat mencari informasi tambahan yang tidak diperoleh dari sekolah atau buku pelajaran.

5. Memudahkan Komunikasi
Internet dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui email, video, konferensi jarak jauh, forum, dsb. Hal ini memungkinkan dilaksanakannya pendidikan jarak jauh. Banyak ahli di berbagai bidang yang menyediakan ruang konsultasi di situs pribadi mereka atau di situs resmi suatu lembaga untuk bertanya berbagai masalah.

6. Membantu Pemahaman
Informasi yang kita peroleh dari guru terkadang sulit untuk dimengerti atau dibayangkan. Internet menyediakan informasi tambahan berupa gambar, contoh, animasi, dsb.

7. Mendorong Penguasaan Bahasa Asing
Banyak sekali informasi penting dan menarik yang tersedia dalam bahasa asing terutama bahasa Inggris. Hal ini akan memotivasi orang untuk meningkatkan penguasaan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

8. Mendorong Kreativitas
Banyak hal yang dilakukan orang lain yang kita ketahui dari internet dapat memberi inspirasi dan mendorong kita untuk lebih kreatif dalam berkarya.

9. Menyediakan Metoda Pengajaran yang Lebih Menarik
Beberapa bentuk pengajaran dilakukan dalam bentuk permainan, kuis, atau puzzle terutama untuk murid TK dan SD.

10. Mendorong Kemandirian
Orang yang fasih menggunakan internet cenderung dapat lebih mandiri dalam mencari informasi yang dibutuhkannya.

Keuntungan Internet di Bidang Bisnis/Perdagangan


1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
Untuk mendapatkan klien atau pelanggan baru dan menciptakan basis klien tidak selalu dapat diperoleh dengan mudah. Internet merupakan salah satu alternatif wadah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat untuk basis pertemuan jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan adanya kelompok yang besar di internet tersebut.
2. Analisa produk dan pasar
Internet dapat dijadikan tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung berhadapan dengan pelanggan. Analisa pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam pengembangan produk baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.
3. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Banyak pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karyanya untuk diketahui publik. Sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para pakarnya tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga yang sangat mahal.
4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
Sekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui internet semakin digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di internet terdapat banyak sekali daftar lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya melalui internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet.
5. Akses informasi dan penyebaran informasi
Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video conferencing.
6. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
Berbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat.
7. Riset peluang bisnis baru
Banyak yang memanfaatkan internet untuk mencari ide inovatif. Pengguna internet sering memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya, tetapi juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering pula dijadikan forum komunikasi antara para ahli di bidangnya masing-masing.

Keuntungan Internet di Bidang Pemerintahan

1. Dapat digunakan sebagai media internet untuk menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien melalui situs website yang khusus untuk menyalurkan Aspirasi Masyarakat. Kegiatan para pejabat biasanya sibuk. Sekarang, para pejabat dapat menerima aspirasi masyarakat dengan mudah dan cepat dengan cara membuka website khusus untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
2. Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan. Saat ini masyarakat dapat menyalurkan aspirasi dengan mudah dengan cara menyampaikan aspirasi tersebut melalui portal atau website khusus milik pemerintah.
3. Melalui perantara Media Internet Antara pemerintah dan masyarakat dapat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah
4. Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah· Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat Dengan adanya website milik pemerintah, masyarakat tidak merasa ragu-ragu terhadap jalannya pemerintahan karena berbagai laporan mengenai jalannya pemerintahan terdapat di website tersebut.
5. Melalui media Internet dapat dimanfaatkan untuk Mengundang turis baik turis domestik maupun turis mancanegara Biasanya website yang dikelola pemerintah, menyediakan halaman mengenai objek wisata di daerahnya.
6. Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Berkat website yang dikelola pemerintah, para investor dapat melihat-lihat sesuatu yang dapat diinvestasikan. 7. Internet dapat digunakan sebagai media untuk berkampanye. Kampanye sebaiknya dilakukan melalui internet. Karena selain tidak mengganggu ketertiban, dan berkampanye di internet juga lebih efektif dan lebih efisien.
8. Mealalui internet terdapat Fasilitas Teleconference Melalui fasilitas Teleconference ini, pemerintah dapat mengadakan konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
9. Internet Juga dapat digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang Hasil Pemilu secara Online dan Real Time contohnya di wesite http://www.kpu.go.id dan http://www.hasilpemilu99.or.id dan sebaginya hal ini tentunya memberikan sifat keterbukaan (Transparansi) pada proses perhitungan Hasil Pemilu.

Keuntungan Internet Secara Singkat

1. Menambah Wawasan
Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, Anda hanya perlu mencari nya saja. Hanya dengan mengetik beberapa kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa didapatkan. Misalnya Anda sangat gemar dengan olahraga sepakbola, maka semua informasi mengenai sepakbola di internet ada. Jadi, internet sangat menambah wawasan penggunanya.

2. Lebih Efisien
Tak perlu membeli koran, tak perlu berlama-lama menunggu informasi yang Anda mau di TV. Dengan internet, informasi apapun bisa langsung Anda dapatkan. Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.

3. Memudahkan Komunikasi
Di era yang semakin canggih ini, berkomunikasi tak perlu lagi menggunakan surat, melainkan menggunakan fasilitas digital yang tersedia saat ini, seperti halnya di internet. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain, contohnya Anda bisa mengirimkan tulisan rasa rindu kepada kawan Anda melalui social media yang bagus, seperti Google+.

4. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris. Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di luar negeri. Di internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain itu Anda juga bisa belajar bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya dengan menerjemahkan kata atau kalimat di Google Translate.

5. Mendorong Kemandirian
Tahukah Anda, orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa insiatif sendiri mencari informasi.

6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh. Artinya, seorang guru atau dosen dengan siswa atau mahasiswa tidak harus berada di satu tempat, melainkan bisa di tempat yang berbeda walaupun jauh. Mengapa bisa? Karena siswa bisa mengakses website yang telah sekolah buat, lalu siswa mengikuti proses pendidikan di depan komputernya, bisa kapan saja, bahkan hingga 24 jam.

7. Sebagai Sarana Hiburan
Berbicara mengenai hiburan, sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa. Di internet, Anda bisa mendapatkan hiburan sesuai yang Anda mau, misalnya menonton sebuah video lucu, gambar yang menghibur, bermain game secara online, menyegarkan pikiran dengan mencari informasi menghibur, dan lain-lain.

8. Memudahkan Pekerjaan
Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet. Contoh, jika Anda diperintahkan oleh direktur untuk memberikan sebuah data ke kantor lain, dan hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan surat elektronik di internet atau biasa disebut dengan Email.

9. Untuk Menjalankan Bisnis
Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Ya, bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.

10. Bisa Untuk Berbelanja
Jika Anda suatu hari sedang malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja. Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati, perhatikan apakah penjualnya terpercaya dan barangnya terbukti berkualitas. Jadi begitu mudahnya belanja online, caranya Anda hanya perlu memesan sesuai dengan format yang telah ditentukan penjual, harga cocok, kirim uang, barang terkirim sampai di rumah Anda.

Di era yang semakin elit dan canggih ini, bisa mengoperasikan internet adalah sebuah keharusan. Karena jika tidak, kita bisa tertinggal oleh zaman, dan mungkin tidak berkembang pola pikirnya, karena masih berpikir secara tidak modern. Beberapa manfaat internet tersebut membuktikkan bahwa internet sangat luar bisa peranannya dalam pola hidup manusia saat ini. Mulai dari penyajian informasi, hiburan, hingga bisnis semua ada di internet. Semua hal yang sebelumnya sulit, akan terasa dengan mudah jika menggunakan internet.

Dan saya ingatkan, pergunakanlah internet secara bijak. Karena internet bukan hanya berdampak positif saja bagi kehidupan kita, namun ada juga dampak negatif dari internet jika kita tidak bisa menggunakannya secara bijak. Ini adalah era baru, manfaatkan semua yang ada di internet dengan kreativitas Anda, entah itu untuk belajar, berkomunikasi bersama teman-teman, mencari hiburan, ataupun untuk berbisnis. 10 manfaat internet diatas adalah manfaat yang bisa diperoleh dari internet secara umum.

KERUGIAN INTERNET:




1. Pornografi

Tidak di pungkiri pornografi menjadi dampat negatif dalam berinternet. Biasanya orang pertama kali mengenal internet itu penasaran dengan dunia pornografi yang mudah di akses melalui internet. Semakin canggih teknologi yang kita miliki semakin mudah untuk menggunakan internet dan langsung bisa disambungkan melalui ponsel. Akibatnya kita melakukan tindakan kriminal terhadap wanita untuk mencurahkan nafsu kita.

2. Cybercrime

Adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya yang bersifat.

• Melintasi batas Negara
• Perbuatan dilakukan secara illegal
• Kerugian sangat besar
• Sulit pembuktian secara hukum
Bentuk-bentuk cybercrime sebagai berikut :
Hacking – Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi atupun mencari kelemahan system jaringan.
Cracking – Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan padap jaringan tersebut.

3. Penjualan situs tabu

Di dunia internet adalah tempat yang aman untuk mempromosikan produk termasuk pornografi atau hal tabu yang lain. Produk tersebut sebetulnya dilarang bila di dunia nyata, cuma beberapa negara aja yang memperbolehkan. Tetapi melalui internet pornografi bisa merajalela

4. Penipuan

Sudah banyak kejadian orang tertipu melalui internet, mulai dari penjualan online, promosi hadiah, sampai penipuan melalui jejaring sosial. Internet adalah tempat yang mudah untuk melakukan tindakan penipuan

5. Perjudian

Untuk yang gemar berjudi dunia internet menyediakan banyak akses perjudian, disini tidak ada pelarangan seperti yang ada di dunia nyata. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya. Hanya duduk di kamar bisa melakukan judi tidak harus kumpul bersama teman teman yang lain

6. Carding

Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

7. Hilangnya sifat sosial

Sekarang dengan adanya dunia internet tidak harus melakukan perjumpaan secara nyata, dengan menggunakan camera bisa langsung obrol berhadap hadapan. Itu yang membuat sifat sosial kita berkurang karena dengan dunia internet semua bisa dilakukan.

8. Kecanduan

Contoh nyata adalah sekarang maraknya game online dan itu membuat anak anak menjadi kecanduan untuk memainkan game online. Bila sehari tida bermain game akan bingung dan bila tidak dapat uang anak anak rela untuk mencuri demi game online, parahnya sampai malas bersekolah.

Untuk itu kita sebagai pengguna internet harus bisa memilah mana yang benar dan yang salah. Gunakan internet yang baik untuk menambah ilmu kita, dan jangan sampai terjerumus dalam hal yang negatif. Semua tergantung pribadi masing masing bagaimana menggunakan internet.

Credit : 
http://ahzamedia.biz/
GustiNoor in slide share
http://olvista.com/
http://purnamaldi.blogspot.com/
http://seftyatya.blogspot.com/
http://www.skipnesia.com/
http://lindakusumaxiis1.blogspot.com/
http://kopihijau.info/

GHAMSAHMNIDA FOR COMING~

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment